INTERNALISASI DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI INTEGRITAS PERSPEKTIF HADIS

  • Musyafa Ali UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Cesilia Prawening UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sofia Rizki Julianti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Indah Sri Anggita UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Anita Oktaviana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Internalisasi, Aktualisasi, Nilai Integritas, Perspektif Hadis

Abstract

Tidak dielakan bahwa perkembangan zaman yang dibarengi dengan derasanya arus informasi dan komunikasi telah memunculkan tantangan dan dampak yang sangat nyata dalam segala aspek kehidupan. Perkembangan ini telah mengikis nilai-nilai moral dan karakter atau integritas bangsa. Hal ini dapat kita amati dalam kehidupan bermasyarakat, mulai dari banyaknya penyimpangan moral, tindakakan kekrasan, korupsi dan lain sebagainya. Fakta-fakta ini menunjukan bahwa nilai-nilai integritas sebagai landasan atau pijakan dalam menjalani kehidupan dalam masyarakat belum ditegakkan dan dijalankan sepenuhnya oleh seluruh masyarakat. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti merasa perlu adanya ekplorasi secara mendalam terkait konsep internaslisasi dan aktualisasi nilai integritas yang dikenalkan dan dilaksanakan oleh Rasulullah, melalui hadis-hadis nya.  Artike ini menjelaskan konsep internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai integritas perspektif hadis. Kajian penelitian menggunakan kajian deskriptif kualitatif terkait hadis yang berkaitan dengan nilai-nilai integritas. Adapun sikap-sikap integritas yang diajarkan oleh Rasulullah semasa hidupnya. Nilai-nilai integritas yang dicontohkan oleh Rasulullah diantaranya yaitu: kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sedrhana, kemandirian, berani, dan sikap sosial.

References

Afrizon, Renol, and Letmi Dwiridal. “Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan Lokal Budaya Sumatera Barat.” JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP) 1, no. 2 (December 8, 2017): 9–16. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.60.

Akhlis, I., and N.R. Dewi. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Berorientasi Cultural Deviance Solution Berbasis Inkuiri Menggunakan Ict Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3, no. 1 (2014): 86–94. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2905.

Alfath, Khairuddin. “Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro.” Journal Al-Manar 9, no. 1 (June 30, 2020): 125–64. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136.

Beni Ahmad, Afifuddin. Saebani,Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia, 2012, Hlm. 119. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Berliani, Yusti Marlia, and Ajat Sudrajat. “The Implementation of Character Education at Mts Nur Iman Mlangi, Pondok Pesantren Al-Huda, Sleman Regency, Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter 8, no. 2 (November 4, 2018). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21535.

Chasanah, Udzlifatul. “Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (May 18, 2017): 83–115. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357.

Endro, Gunardi. “Menyelisik Makna Integritas dan Pertentangannya dengan Korupsi.” Integritas : Jurnal Antikorupsi 3, no. 1 (March 6, 2017): 131–52. https://doi.org/10.32697/integritas.v3i1.159.

Gusnarib, Gusnarib. “Pembelajaran Nilai Nilai Karakter Islam Moderat Di Perguruan Tinggi.” Paedagogia: Jurnal Pendidikan 7, no. 2 (2018): 23–38. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol7.Iss2.17.

Hakim, Alif Lukmanul. “Membangun Karakter Bangsa Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Islami Dalam Keluarga.” Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (July 20, 2017): 177–88. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2580.

Halimah, Siti. “Integrasi Nilai-Nilai Agama Dan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Guru Mengacu Kkni Dan Snpt.” JURNAL TARBIYAH 24, no. 2 (January 9, 2018). https://doi.org/10.30829/tar.v24i2.214.

Handayani, Muryantinah Mulyo. “Perkembangan Peran Gender Dan Seks.” In Psikologi Perkembangan & Perkembangan Anak Usia DIni Sebuah Bunga Rampai, 215–24. Jakarta: Kencana, 2016.

“INTERNALISASI DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA SMP DALAM PERSPEKTIF FENOMENOLOGIS | Widyaningsih | Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi.” Accessed October 16, 2020. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/2658.

Isnaeni, Rizki Faizah, and Muhammad Alfatih Suryadilaga. “Pendidikan Hadis Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Studi Hadis Nusantara 2, no. 1 (June 30, 2020). https://doi.org/10.24235/jshn.v2i1.6745.

Mubayyinah, Fira. “SEMAI: Sembilan Nilai Anti Korupsi dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” n.d., 16.

Muhadjir, N. Ilmu Pendidikan Dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000.
Muhammad, Najamuddin. “Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Dalam Pendidikan PAUD.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1, no. 1 (2016): 53–64.

Punaji Setyosari. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media, 2013.

Saputra, Taman. “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia 6 – 12 Tahun.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 03 (June 8, 2017). https://doi.org/10.30868/ei.v2i03.28.

“Tinjauan Terhadap Kesiapan Pustakawan Dalam Menghadapi Disrupsi Profesi Di Era Library 4.0: Sebuah Literatur Review | Nashihuddin | Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan.” Accessed October 16, 2020. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/5922.

Titien Diah, Soelistyarini. Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka Dalam Penelitian Dan Penulisan Ilmiah.". Universitas Airlangga, 2013.

Zubaedi, Zubaedi. “Optimalisasi Peranan Ibu Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini Pada Zaman Now.” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education 3, no. 1 (July 1, 2019): 49–63. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v3i1.2506.

Zuhriy, M. Syaifuddien. “Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19, no. 2 (December 6, 2011): 287–310. https://doi.org/10.21580/ws.19.2.159.
Published
2020-11-30
How to Cite
Musyafa Ali, Cesilia Prawening, Sofia Rizki Julianti, Indah Sri Anggita, & Anita Oktaviana. (2020). INTERNALISASI DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI INTEGRITAS PERSPEKTIF HADIS. Ushuluddin International Conference (USICON), 4. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/USICON/article/view/272