POLITIK DAN KELESTARIAN HIDUP MANUSIA DALAM PANDANGAN IBN KHALDŪN

  • Imam Iqbal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Ibn Khaldūn merupakan filsuf Muslim terkemuka yang hidup pada Abad Pertengahan. Ia ahli dalam berbagai bidang. Ia dikenal sebagai filsuf, sejarawan, sosiolog, geografer, ekonom, ilmuwan politik, dan lainnya. Salah satu aspek penting pemikiran Ibn Khaldūn adalah di bidang politik. Telah banyak karya akademik yang diterbitkan oleh para sarjana modern tentang aspek tersebut. Namun demikian, tidak seluruh pokok pemikiran politik Ibn Khaldūn telah dieksplorasi. Para sarjana modern lebih memperhatikan persoalan subyek dan institusi politik (polity) serta praktek politik (politics) dari pemikiran tokoh ini. Adapun tentang keterkaitan pemikiran politik Ibn Khaldūn dengan dimensi kelestarian dan keberlangsungan kehidupan umat manusia –yang dewasa ini dikenal dengan istilah biopolitik– belum mendapatkan bobot perhatian yang memadai.

Tulisan ini mengekplorasi, mendeskripsikan, dan menganalisa secara kritis pokok pemikiran politik Ibn Khaldūn dan keterkaitannya dengan dimensi kelestarian dan keberlangsungan kehidupan umat manusia (biopolitik). Sumber primer tulisan ini berasal dari karya utama Ibn Khaldūn yang berjudul Muqaddimah. Analisa dilakukan dengan menggunakan teori hermeneutika kritis dan teori-teori yang berkembang dalam diskursus biopolitik.

Ada tiga hipotesa yang penulis ajukan berkenaan dengan topik tersebut. Pertama, meskipun secara historis dapat dipastikan bahwa Ibn Khaldūn tidak memiliki pandangan eksplisit dan sistematik tentang biopolitik, akan tetapi pandangannya tentang politik menunjukkan keterkaitan tertentu dengan keberpihakannya pada dimensi kelestarian dan keberlangsungan kehidupan umat manusia. Kedua, keterkaitan tersebut bercorak etik, yakni berada pada wilayah sistem nilai yang berperan sebagai pedoman normatif dalam mekanisme penyelenggaraan politik. Ketiga, corak etik dari “pandangan biopolitik” Ibn Khaldūn itu menunjukkan karakter teleologis-religius.

Published
2020-11-30
How to Cite
Iqbal, I. (2020). POLITIK DAN KELESTARIAN HIDUP MANUSIA DALAM PANDANGAN IBN KHALDŪN. Ushuluddin International Conference (USICON), 4. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/USICON/article/view/304