IMPLEMENTASI DAKWAH VIRTUAL PADA ERA DIGITAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS

  • Fina Izzatul Muna UIN Sunan Kalijaga
  • Izatul Muhidah Maulidiyah UIN Sunan Kalijaga
  • Muhammad Hasyim Anta Maulana UIN Sunan Kalijaga
  • Bagas Maulana Ihza Al Akbar UIN Sunan Kalijaga
  • Chalida Zia UIN Sunan Kalijaga
  • Muhammad Afiq Bin Mohd Rosli UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Islam, Dakwah, Teknologi, Implementasi, Platform Media Sosial, Virtual.

Abstract

Islam adalah agama rahmatan lil’alamin yang menugaskan para umatnya untuk mendakwahkan dan mensyiarkan agama Islam kepada seluruh manusia. Dakwah merupakan suatu seruan untuk mengajak manusia kepada kebaikan, baik secara lisan, tulisan, perbuatan, dan sebagainya. Awalnya dakwah dilakukan Rasullah saw. secara sembunyi-sembunyi yang dilakukan dari rumah ke rumah kemudian dilakukan secara terang-terangan. Pada tahap selanjutnya, dakwah dilakukan pada masyarakat lokal di daerah tertentu. Seperti dakwah Walisongo yang cenderung melakukan dakwah dengan pendekatan kultural, yakni mengintegrasikan antara ajaran Islam dengan adat istiadat atau tradisi yang sudah berjalan di masyarakat lokal. Sehingga, Islam lebih mudah diterima. Beberapa abad setelahnya sampai saat ini, dakwah kerap dilakukan oleh kalangan mubalig atau ulama tertentu dengan berceramah guna memberikan nasehat (mauidhoh), serta memperdalam wawasan keislaman.

            Seiring modernnya zaman yang serba digital dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dakwah mulai diimplementasikan diberbagai media, salah satunya sosial media. Dakwah ini sangat mudah dilakukan yaitu hanya dengan meng-upload video, tulisan, dan gambar pada platform media sosial yang biasanya kerap digunakan, seperti Youtube, Instagram, Facebook, serta masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga dakwah yang dikembangkan secara virtual lebih efektif dilakukan dalam mensyiarkan Islam seiring dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, perlu kita sesuaikan dengan tuntunan atau metode dakwah sebagaimana yang telah dianjurkan dalam Al-Qur’an dan Hadits.

References

“Enam Efek Negatif Media Sosial terhadap Literasi Keislaman, Apa Saja?,” December 14, 2017. https://www.nu.or.id/post/read/84194/enam-efek-negatif-media-sosial-terhadap-literasi-keislaman-apa-saja.
Irah, Syah. “DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (Etnografi Virtual Pada.” Accessed October 19, 2020. https://www.academia.edu/33858985/DAKWAH_DI_MEDIA_SOSIAL_Etnografi_Virtual_Pada.
M BASTOMI, NIM 11530052. “Dakwah Dalam Al-Qur’an (kajian Tematik).” Skripsi, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2016. http://digilib.uin-suka.ac.id/22742/.
Maullasari, Sri. “Metode Dakwah Menurut Jalaluddin Rakhmat Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling Islam (Bki).” Jurnal Dakwah 20, no. 1 (2019): 127–53. https://doi.org/10.14421/jd.1435.
Novtasari, Melinda. “Metode Dakwah Dengan Pendekatan Kultural Sunan Kalijaga,” 2018.
Syahruddin, Syahruddin. “Kontribusi Dakwah Struktural Dan Dakwah Kultural Dalam Pembangunan Kota Palopo.” LENTERA 4, no. 1 (June 27, 2020). https://doi.org/10.21093/lentera.v4i1.2050.
Yahya, Muhammad, and Farhan Farhan. “Dakwah Virtual Masyarakat Bermedia Online.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 4 (May 22, 2019): 249. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.320.
Published
2021-01-06
How to Cite
Fina Izzatul Muna, Izatul Muhidah Maulidiyah, Muhammad Hasyim Anta Maulana, Bagas Maulana Ihza Al Akbar, Chalida Zia, & Muhammad Afiq Bin Mohd Rosli. (2021). IMPLEMENTASI DAKWAH VIRTUAL PADA ERA DIGITAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS. Ushuluddin International Conference (USICON), 4. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/USICON/article/view/323