Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Tafsir Asy-Sya’rawi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ine Nirmala
Debibik Nabilatul Fauziah
Lely Camelia Nurdin

Abstract

Dari penelitian ini ditemukan keistimewaan pada karakteristik tafsir Asy-Sya’râwî dalam penafsiran ayat-ayat tentang pendidikan anak yang terdapat dalam surah Luqman ayat 12-19, diantaranya: 1) Asy-Sya’râwî memperlihatkan kepiawaiannya dalam bahasa Arab dengan mengungkap ide-ide kebahasaan dalam menafsirkan ayat. 2) Asy-Sya’rawi menggunakan bahasa komunikasi karena tafsir Asy-Sya’rawi berasal dari kumpulan ceramah yang didokumentasikan kemudian dicetak menjadi sebuah tafsir. 3) Asy-Sya’rawi banyak menggali maksud ayat dengan membahas aspek sosial kemasyarakatan dan solusinya. 4) Asy-Sya’rawi menganalisa kata-kata dalam ayat yang ditafsirkan dari segi bahasa, menyebutkan asal katanya, menjelaskan isytiqâq dan maksud dari kata tersebut. 5) Asy-Sya’rawi menjelaskan makna ayat secara sederhana dengan memberikan contoh fenomena kehidupan sehari-hari sehingga penjelasannya dapat lebih mudah dipahami dan diserap akal para pembaca.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nirmala, I., Fauziah, D. N., & Nurdin, L. C. (2020). Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Tafsir Asy-Sya’rawi. ACIECE, 1, 49-56. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/40