ANAK USIA DINI, PEMBELAJARAN AKTIF DAN BIMBINGAN KELOMPOK DI ERA MILENIAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agustin Lisnawati
Rizki Nur Hasanah
M. Khoirul Hadi Al-Asyari

Abstract

Bimbingan kelompok merupakan pemberian bahan atau informasi yang dapat pula dikaji bersama untuk menunjang pemahaman, pengambilan keputusandan lain-lain. Strategi pembelajaran aktif diantaranya meliputi penanaman karakter pada anak, mengembangkan keterampilan bahasa pada anak, mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak dan lain-lain. Anak usia dini adalah usia 0-8 tahun atau masa PIAUD, masa TK danmasa SD kelas 1 sampaikelas 2 ataukelas 3. Tujuan penulisan yang diangkat oleh peneliti dalam hal ini ada dua yang diantaranya: untuk mengetahui strategi pembelajaran aktif pada anak usia dini berbasis bimbingan kelolmpok, dan untuk mengetahui mengetahui media yang digunakan dalam strategi pembelajaran aktif pada anak usia dini. Ruang lingkup penelitian disini mengenai strategi pembelajaran aktif anak usia dini berbasis bimbingan kelolmpok dengan mengkaji beberapa beberapa literatur yang telah dipublikasi dan beberapa buku. Teori yang digunakan salah satunya adalah teori dari tokoh psikologi ternama yakni Sigmund Freud “pengalaman masa lalu individu akan terekam di dalam alam bawah sadarnya yang akan muncul secara spontan dalam waktu tertentu”. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis, teknik penelitian melibatkan kegiatan-kegaiatan pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dengan cara melakukan studi pustaka dari beberapa refrensi dan literasi penulisan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lisnawati, A., Hasanah, R. N., & Al-Asyari , M. K. H. (2018). ANAK USIA DINI, PEMBELAJARAN AKTIF DAN BIMBINGAN KELOMPOK DI ERA MILENIAL. International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 290-297. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icigc/article/view/255