Teacher Adaptation in Developing Competencies in Early Childhood Education Unit

  • M. Agung Hidayatulloh IAIN Salatiga
Keywords: kompetensi guru, pendidikan anak usia dini, adaptasi guru, teacher competency, children with special needs

Abstract

This qualitative research describes the efforts of a new teacher in an early childhood education unit with special needs in achieving the four competencies of PAUD teachers, including pedagogic, social, professional, and personality. Data collected by interviews, questionnaires, and documentation. The informant was a new teacher at TK ABK Rumah Pintar Salatiga. Data were analyzed descriptively by data reduction, data display, and conclusion drawing. The results show that there are two main efforts made by an ABK teacher in achieving four competencies, namely self-study and consulting with fellow teachers. From the 20 written questions, it was concluded that there were 45% of abilities achieved by self-study, 35% achieved by consulting fellow teachers, and 20% achieved by a combination of both. It implies that even though a new teacher has good individual abilities, she still needs the presence of others who have experienced in educating young children with special needs.
[Penelitian kualitatif ini ditujukan untuk mendeskripsikan upaya guru baru di satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) berkebutuhan khusus dalam mencapai empat kompetensi guru PAUD, meliputi pedagogis, sosial, profesional, dan kepribadian. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru baru di TK ABK Rumah Pintar Salatiga. Data dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat dua upaya utama yang dilakukan guru Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tersebut dalam mencapai empat kompetensi guru, yakni belajar sendiri dan berkonsultasi dengan rekan guru. Dari 20 butir pertanyaan tertulis disimpulkan bahwa 45% kemampuan dicapai dengan belajar sendiri, 35% dicapai dengan konsultasi kepada rekan guru, dan 20% dicapai dengan kombinasi keduanya. Hasil kajian mengimplikasikan bahwa meskipun guru baru memiliki kemampuan individu yang baik, tetap saja ia membutuhkan keberadaan guru lain yang telah terlebih dahulu berpengalaman dalam mendidik anak usia dini berkebutuhan khusus.]

References

Asdiqoh, S. (2012). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.
Asmani, J. M. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Yogyakarta: Power Books.
Fauzi, A. & Duriyat. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13 (1), 34-47.
Fransiska, C. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Proses Pembelajaran pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jurnal Office, 2 (2), 163-172.
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) on the Performance of Learning. The International Journal of Engineering and Science (IJES), 4 (2), 1-12.
Hamda, F. A. A. (2018). Degree of Competency in Practicing Basic Education for Kindergarten Teachers from the Point of View of the Teachers Themselves. European Scientific Journal, 14 (10), 136-164.
Huntly, H. (2008). Beginning Teachers’ Conceptions of Competence. Journal of College Teaching & Learning, 1 (5), 29-38.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
No name. (2013). Supporting Teacher Competence Development for Better Learning Outcomes. European Commission. Retrieved November, 20, 2019, from https://ec.europa.eu/assets/eac/education/experts-groups/2011-2013/teacher/teachercomp_en.pdf.
Nurhayati, S. & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru PAUD dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6 (2), 109-120.
Nurunnisa, R. (2018). Increasing Pedagogic Competency and Professional Competency through Education and Training Development of Sustainable Profession of Development (Case Study of Kindergarten Teachers in Bandung). Jurnal Empowerment, 7 (2), 260-265.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pitrawati, Fadillah, & Yuniarni, D. (2016). Analisis Kompetensi Profesional Guru PAUD di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5 (4), 1-18.
Rochayadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru Di PAUD Bougenville Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Jurnal Empowerment, 4 (1), 1-10.
Rofi’ah, D. (2019, Oktober, 7). Wawancara personal.
Suharyanto. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru TK dalam Menyusun Rencana Kegiatan Harian melalui Bimbingan Berkelanjutan di TK Dharma Wanita Kecamatan Tembarak Tahun 2015. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik (JP3), 1 (1), 17-28.
Summers, D. (1987). Longman Dictionary of Contemporary English. Essex: Longman.
Syaidah, U., Suyadi, B. & Ani H. M.(2018). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12 (2), 185-191.
Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Westergard, E. (2013). Teacher Competencies and Parental Cooperation. International Journal about Parents in Education, 7 (2), 91-99.
Yulianti, D. & Dewanti H, S.S. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Taman Kanak-kanak Kota Semarang dalam Membuat Alat Bermain Sains dari Limbah. Rekayasa, 13 (2), 160-166.
Published
2020-07-01
How to Cite
M. Agung Hidayatulloh. (2020). Teacher Adaptation in Developing Competencies in Early Childhood Education Unit. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 1, 1-16. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icodie/article/view/5