Analisis Asesmen Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

  • Deby Indriani Rahmawan UIN Sunan Kalijaga
Keywords: assesment, inclusive education, students with special needs, pendidikan inklusi, asesmen, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Children with special needs have different learning needs than children in general and tend to experience learning disabilities. Therefore, teachers need to conduct appropriate assessments in order to meet the learning needs of each student including students with disabilities. This research is a descriptive qualitative study using content analysis. Data sources used in the form of documents and informants, with the results of the study: 1) Inclusive education based on Permendiknas number 70 of 2009 article one, inclusive education is a system of providing education to all students without exception to participating in education in one educational environment 2) The assessment function in inclusive education is to get students' data used for handling and providing services to special needs students in the learning process. 3) The purpose of the assessment of children with special needs to focus attention by gathering as much information as possible about children's problems (weaknesses) and protective factors (strengths) in the context of screening and diagnosis, evaluation of interventions and research on the assessment activities themselves. 4) Model of implementation of the assessment that we can do include: Baseline Assessment, Progress Assessment, Specific Assessment, Final Assessment, Follow Up Assessment. 5) Steps for conducting an assessment a) Identification, b) Assessment, c) obtained academic data and non-academic, d) Guidelines.

[Anak dengan disabilitas memiliki kebutuhan belajar yang berbeda dengan anak pada umumnya dan cenderung mengalami hambatan belajar. Oleh karena itu, guru perlu melakukan asesmen yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan belajar setiap siswanya temasuk siswa dengan disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen dan informan, dengan hasil penelitian: 1) Pendidikan inklusi berdasarkan Permendiknas nomor 70 tahun 2009 pasal satu, pendidikan inklusi adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik tanpa terkecuali untuk mengikuti pendidikan dalam satu lingkungan pendidikan 2) Fungsi asesmen pada pendidikan inklusi untuk mendapatkan data peserta didik yang digunakan untuk penanganan dan pemberian pelayanan pada siswa ABK dalam proses pembelajaran. 3) Tujuan asesmen terhadap anak berkebutuhan khusus untuk memusatkan perhatian dengan menghimpun informasi sebanyak-banyaknya terhadap permasalahan-permasalahan anak (kelemahan) dan faktor protektif (kekuatan) dalam rangka melakukan penyaringan dan diagnosis, evaluasi atas intervensi dan riset terhadap kegiatan asesmen itu sendiri. 4) Model pelaksanaan asesmen yang dapat kita lakukan antara lain: Baseline Asesmen, Progress Asesmen, Spesifik Asesmen, Final Asesmen, Follow Up Asesmen.5) Langkah-langkah untuk melakukan asesmen a) Identifikasi, b) Asesmen, c) diperoleh data akademik dan non akademik, d) Pedoman.]

References

Baihaqi, MIF dan M. Sugiarmin.Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: Refika Aditama. 2006.
Erawati, Ika Leli.dkk, “Pendidikan Karakter Bangsa padaAnak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif”. Jurnal Studi Sosial. Vol. 4.No. 1. 2016.
Garnida, Dadang. Pengantar Pendidikan Inklusi. Bandung: Refika Aditama. 2015.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, No. 002/U/1986. Wajib Belajar Sembilan Tahun. Jakarta.
Kustawan, Dedy dan Hermawan, Budi.Model Implementasi Pendidikan Inklusif Ramah Anak. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media. 2013.
Nawawi. “Pendidikan Inklusif Bagi Anak Low Vision” dalam Makalah. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung. 2010.
Oktrima, Orin. “Penilaian Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Inklusi SD N 01 Limau Manis”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus .Vol. 1.No.3. 2015.
Rusdiyanto. Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Malang). Program Magister Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam Tesis.
Sholeh, Akhmad. Aksibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara. 2016.
Sukinah.”Sistem Penilaian Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Implementasi Pendidikan Setting Inklusi” dalam Artikel.
Sunarto dan Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.
Witasoka, Dyah. Manajemen Pendidikan Inklusif SMA Muhammadiyah DiKota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Journal of Disability Studies Vol. 3. No.2. Juli-Desember. 2016.
Yuwono, Imam. “Penerapan Identifikasi, Asesmen Dan Pembelajaran Pada Anak Autis Di Sekolah Dasar Inklusif” dalam Jurnal. FKIP UNLAM Banjarmasin
Published
2020-07-01
How to Cite
Deby Indriani Rahmawan. (2020). Analisis Asesmen Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 1, 47-62. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icodie/article/view/8